• SMAN 1 PINGGIR
  • Mewujudkan Peserta Didik yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Kreatif, Berprestasi, dan Berbudaya Lingkungan

Kegiatan Pengimbasan Sekolah Penggerak SMAN 1 Dumai ke Sekolah Imbas SMA Negeri 1 Pinggir

Rabu, 31 Januari 2024.

SMAN 1 Dumai adalah salah satu sekolah besar yang telah ditunjuk sebagai salah satu sekolah penggerak di Kota Dumai Provinsi Riau.

Sebagai sekolah penggerak, SMAN 1 Dumai ditunjuk oleh pemerintah sebagai salah satu role model (referensi) bagi sekolah lainnya dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka sebagai penyempurnaan dari Kurikulum 2013 ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi satuan Pendidikan dalam memfasilitasi seluruh rangkaian pembelajaran yang berfokus kepada peserta didik.

Kegiatan Pengimbasan IKM dari SMAN 1 Dumai ini diharapkan dapat menjadi bahan dasar di dalam penyusunan rencana pembelajaran yang merdeka baik itu bagi peserta didik maupun pendidik di SMAN 1 Pinggir.

Kegiatan Pengimbasan yang telah direncanakan dari jauh-jauh hari sebelumnya ini karena berbagai macam kesibukan dari kedua sekolah, akhirnya baru bisa dilaksanakan hari ini, hari Rabu, 31 Januari 2024 dengan mengambil tempat di Ruang Pertemua SMAN 1 Pinggir serta  diikuti oleh seluruh bapak/ibu guru mata pelajaran. Turut hadir di dalam rombongan Tim Pengimbas dari SMAN 1 Dumai;  Kepala SMAN 1 Dumai bapak Rafles, S.Pd., serta Wakil Kurikulum Merdeka dari SMAN 1 Dumai

Adapun rangkaian materi yang disampaikan di dalam kegiatan ini antara lain; Kebijakan Pemerintah ( Program Sekolah Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka), Refleksi Kegiatan Pembelajaran, Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Pemahaman Capaian Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran, menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan, modul ajar, perencanaan berbasis data, menyusun KOSP dan modul ajar. Perencanaan , penerapan serta evaluasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5). Penerapan dan Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi, Model dan Praktik Evaluasi. Serta yang tidak kalah menariknya, pendidik dikenalkan dengan pemanfaatan teknologi prioritas yang dapat menunjang dalam pembelajaran di kelas.

Kepala SMAN 1 Pinggir Ibu Novi Susanti, M.Pd. di dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Pengimbasan ini direncanakan di minggu-minggu awal Januari, namun karena begitu banyak kegiatan lainnya yang harus dilaksanakan sehingga hari inilah kegiatan bisa dilaksanakan. Terkait penganggaran, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana menggunakan anggaran yang berasal sharing dua sekolah, SMAN 1 Dumai sebagai sekolah Pengimbas yang memiliki kewajiban untuk menularkan, dan SMAN 1 Pinggir sebagai sekolah yang menerima manfaat pengimbasan.

Beliau berharap bahwa hasil pengimbasan IKM di SMAN 1 Pinggir bisa mengikuti jejak implementasi kurikulum merdeka seperti praktik baik di SMAN 1 Dumai.

Menyinggung raport mutu sekolah, seperti halnya peserta didik, setiap sekolah juga memiliki raport pendidikan, lembar penilaian yang sangat penting artinya untuk melihat warna kualitas sekolah. Beberapa hal penting untuk diperhatikan oleh sekolah terkait raport pendidikan antara lain kemampuan literasi dan numerasi di sekolah sebagai kemampuan yang bersifat umum dan mendasar. Untuk kemampuan literasi di SMAN 1 Pinggir berada di kelompok A baik sekali, peserta didik telah mencapai kompetensi minimum yang luar biasa. Sedangkan untuk Kemampuan numerasinya, SMAN 1 Pinggir masih berada di bawah kompetensi minimum  secara nasional.

Terkait kegiatan Pengimbasan IKM hari ini, beliau menyebutkan bahwa jika kurikulum merdeka sudah benar-benar dilaksanakan, maka literasi, numerasi dan semua iklim kondusifitas sekolah akan serta-merta naik untuk jangka panjang, oleh karenanya ikhtiar implementasi kurikulum merdeka harus dimulai dari sekarang.

Kegiatan Pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka sesuai rencana dilaksanakan selama 4JP, diharapkan dapat menjadi bekal bagi bapak/ibu guru mata pelajaran di SMAN 1 Pinggir agar menjadi guru yang semakin profesional.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
UPACARA BENDERA RUTIN SENIN, 02 SEPTEMBER 2024 HADIR BHABINKAMTIBMAS SEBAGAI PEMBINA UPACARA

Upacara bendera merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh siswa-siswi di sekolah, pada umumnya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah dan Guru. Namun untuk kegiatan Upacara hari Senin

02/09/2024 16:10 - Oleh Administrator - Dilihat 28 kali
RAIH PIALA UMUM | Gugus Depan SMAN 1 Pinggir Mengikuti Lomba HUT Pramuka ke-63

SMAN 1 Pinggir – Peserta didik SMAN 1 Pinggir yang tergabung dalam ekstrakurikuler pramuka Gugus Depan 05.003 – 05.004 SMAN 1 Pinggir. Anggota ambalan terdiri dari kelas X,

14/08/2024 12:57 - Oleh Administrator - Dilihat 113 kali
Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMAN 1 PINGGIR

Hallo sahabat SMANSA.!!!Pada hari Senin - Selasa tanggal 05-06 Agustus 2024, siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pinggir telah melaksanakan simulasi ANBK selama dua hari. Pada hari pertam

06/08/2024 10:47 - Oleh Administrator - Dilihat 21 kali
Siswa SMA Negeri 1 Pinggir Sabet 4 Gelar Juara Popda Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024

Selamat dan sukses kepada : Bunga Azzahra, siswi SMA Negeri 1 Pinggir  berhasil rebut Medali Perak untuk Cabor Silat pada laga POPDA Provinsi Riau 2024. Ajeng Dwi Pratiwi, s

15/07/2024 12:24 - Oleh Administrator - Dilihat 28 kali
Rapat Komite Sebagai Wadah Silaturahmi Bersama Orang Tua Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024-2025 di SMAN 1 Pinggir

Dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan, pihak sekolah SMAN 1 Pinggir dan pengurus komite sekolah mengundang orang tua dan wali murid peserta didik baru tahun pelajaran 2024-2025 u

10/07/2024 10:23 - Oleh Admin - IBNU SINA, S.Kom - Dilihat 26 kali