• SMAN 1 PINGGIR
  • Mewujudkan Peserta Didik yang Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Kreatif, Berprestasi, dan Berbudaya Lingkungan

Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru SMAN 1 Pinggir di PMM. Semua Guru PNS, PPPK dan Honorer Bersama-sama mengisi rencana Kinerja di PMM.

Pinggir, 23 Januari 2024

Dibulan Januari tahun 2024 ini, para guru di Indonesia mulai terlihat sibuk dengn aktivitas pengisian perencanaan kinerja melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).Untuk itulah perlu adanya kegiatan sosialisasi dengan tujuan agar para guru memahami apa itu pengelolaan kinerja Guru, pemanfaatannya dan bagaimana cara mengisinya.

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kinerja di SMA Negeri 1 Pinggir dilaksanakan pada hari Senin, 23 Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, baik guru yang bersatus sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan guru honorer.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Novi Susanti, M.Pd selaku kepala sekolah dan Ibu Marince Simanjuntak, S.S wakil kepala sekolah bidang kurikulum.


Di awal tahun 2024 ini, Platform Merdeka Mengajar (PMM) semakin lengkap dengan adanya fitur baru, yaitu fitur Pengelolaan Kinerja.

Pengelolaan Kinerja di PMM ini bisa menjadi alat bantu bagi para guru dan kepala sekolah untuk memudahkan menentukan Sasaran Kinerja yang lebih konstektual dengan kebutuhan satuan Pendidikan (satdik) dan pengembangan karier demi peningkatan kualitas pembelajaran murid.

Pada tahap pertama dalam pengelolaan kinerja yaitu perencanaan kinerja, guru memilih satu indikator yang muncul. Disini akan muncul indikator rekomendasi satuan Pendidikan berdasarkan capaian Rapor Pendidikan yang telah terintegrasi di PMM.

Tahap perencanaan kinerja ini harus sudah diisi oleh para guru pada bulan Januari 2024 ini. Sedangkan kepala sekolah adalah pihak yang menyetujui dan melakukan observasi.

Tampilan menu aplikasi pengelolaan kinerja di PMM

Tatacara pengisian pengelolaan kinerja guru di PMM
Klik fitur pengelolaan kinerja di beranda PMM
Akan muncul tampilan Rencana Kinerja dan penjelasan alur kinerja dari Januari s.d Juni

Kilk Mulai untuk mengisi perencanaan .Akan muncul data diri seperti Nama, NIP, Status Kepegawaian, pangkat/golongan, jenjang jabatan dan nama satuan Pendidikan. Pastikan data diri sudah sesuai. Jika Data sudah sesuai, silahkan klik data sudah sesuai.
Klik Ya, Lanjut Rencanakan Kinerja

Muncul Perencanaan Kinerja Jan – Juni 2024, Dimana ada Praktik Pembelajaran, Pengembangan Kompetensi, Tugas Tambahan, Perilaku Kerja, dan Rangkuman
Pilih Indikator untuk menjadi fokus peningkatan kinerja Anda. Usahakan pilih yang nilainya masih rendah yang berwarna merah atau kuning berdasarkan rapor Pendidikan satdik masing-masing.

Klik ke Pengembangan Kompetensi, silahkan mengisi Rencana Hasil Kerja (RHK) dengan batas minimal 32 point dan maksimal 128 point. Silahkan diisi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Kemudian pilih target kuantitas yang ingin dicapai, berapa targetnya.
Untuk menembahkan RHK Klik Tambah, akan muncul tambahan kotak untuk diisi Kembali RHK. Penambahan RHK dapat dilakukan beberapa kali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jika sudah selesai di Pengembangan Kompetensi, klik ke Tugas tambahan. Pilih RHK untuk tugas tambahan. Bukti dukung tersebut dapat berupa hasil penilaian, observasi, sertifikat, SK, rangkuman kegiatan, dapat juga berupa dokumen.

Jika tugas tambahan sudah selesai, klik ke Perilaku Kerja. Pada laman ini, silahkan memilih indikator yang akan diobservasi oleh kepala sekolah. Dalam Perilaku Kerja ada tujuh aspek yang harus diisi.

Jika sudah selesai semua, klik ke Rangkuman. Pada laman ini, bisa dilihat seluruh hasil pengisian perencanaan kinerja. Silahkan untuk memastikan pengisian sudah sesuai dan benar.
Klik Lanjut ajukan untuk pengajuan perencanaan ke kepala sekolah.

Perencanaan Kinerja sudah diajukan ke Kepala sekolah, silahkan dicek secara berkala untuk melihat status perencanaan kinerja dengan klik cek perencanaan kinerja..

Setelah Perencanaan Kinerja sudah disetujui, para guru perlu kembali memeriksa hasil penyesuaian dari atasan dan apabila sudah sesuai, akan menyepakati rencana kinerja.

Suasana pengisian pengelolaan kinerja pada PMM

Setelah paparan, pemateri mulai mengajak semua peserta sosialisasi untuk langsung praktik mengisi secara bersama-sama. Dengan langsung praktik, semua peserta sosialisasi berhasil mengisi perencanaan kinerja.

Setelah dipastikan semua peserta sudah mengisi perencanaan Kinerja. Pemateri melanjutkan dengan materi kedua yaitu Refleksi Kompetensi
Demikian ulasan tentang kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kinerja di SMA Negeri 1 Pinggir. Semoga bermanfaat.***

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
UPACARA BENDERA RUTIN SENIN, 02 SEPTEMBER 2024 HADIR BHABINKAMTIBMAS SEBAGAI PEMBINA UPACARA

Upacara bendera merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh siswa-siswi di sekolah, pada umumnya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah dan Guru. Namun untuk kegiatan Upacara hari Senin

02/09/2024 16:10 - Oleh Administrator - Dilihat 28 kali
RAIH PIALA UMUM | Gugus Depan SMAN 1 Pinggir Mengikuti Lomba HUT Pramuka ke-63

SMAN 1 Pinggir – Peserta didik SMAN 1 Pinggir yang tergabung dalam ekstrakurikuler pramuka Gugus Depan 05.003 – 05.004 SMAN 1 Pinggir. Anggota ambalan terdiri dari kelas X,

14/08/2024 12:57 - Oleh Administrator - Dilihat 113 kali
Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMAN 1 PINGGIR

Hallo sahabat SMANSA.!!!Pada hari Senin - Selasa tanggal 05-06 Agustus 2024, siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pinggir telah melaksanakan simulasi ANBK selama dua hari. Pada hari pertam

06/08/2024 10:47 - Oleh Administrator - Dilihat 20 kali
Siswa SMA Negeri 1 Pinggir Sabet 4 Gelar Juara Popda Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024

Selamat dan sukses kepada : Bunga Azzahra, siswi SMA Negeri 1 Pinggir  berhasil rebut Medali Perak untuk Cabor Silat pada laga POPDA Provinsi Riau 2024. Ajeng Dwi Pratiwi, s

15/07/2024 12:24 - Oleh Administrator - Dilihat 27 kali
Rapat Komite Sebagai Wadah Silaturahmi Bersama Orang Tua Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024-2025 di SMAN 1 Pinggir

Dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan, pihak sekolah SMAN 1 Pinggir dan pengurus komite sekolah mengundang orang tua dan wali murid peserta didik baru tahun pelajaran 2024-2025 u

10/07/2024 10:23 - Oleh Admin - IBNU SINA, S.Kom - Dilihat 25 kali